Archive Pages Design$type=blogging

Mujahid yang Pertama Masuk Neraka

Mujahid yang Pertama Masuk Neraka

Mujahid merupakan sebutan bagi Muslim yang turut dalam suatu peperangan atau terlibat dalam suatu pergolakan. Istilah yang berasal dari akar kata yang sama dengan "jihad" ini menjadi nama berbagai pejuang bersenjata yang menganut ideologi militan Islam, walaupun tidak ada makna "suci" atau "jawara" (warrior) yang melekat secara eksplisit dalam kata ini.

Apakah ada seorang mujahid akan masuk neraka sebagian? ternyata dalam sebuah sebuah hadits yang terkenal, hadits ini menyebutkan tiga pelaku kebaikan yang justru dimasukkan ke dalam neraka.
Mujahid yang Pertama Masuk Neraka

Mereka adalah orang yang berjuang di jalan Allah SWT (mujahid), orang berderma dengan harta yang dimiliki, dan orang yang mengajarkan ilmunya.

Terhadap mujahid, Allah SWT menyampaikan pertanyaan, “Apa yang telah kau lakukan?”

Mujahid ini mengaku telah mengerahkan harta dan jiwanya untuk berjuang di jalan Allah SWT, lalu terbunuh sebagai seorang mujahid.
Akan tetapi, Allah SWT menolak pengakuan sang mujahid. Pasalnya, laki-laki ini tidak berjuang karena Allah SWT di jalan-Nya. Dia hanya berjuang agar dikenal sebagai seorang pemberani. Dia ikut berperang hanya agar disebut sebagai orang yang kuat.

Karena niat seperti itulah itulah, Allah SWT memerintahkan agar laki-laki ini dijebloskan ke dalam neraka yang siksanya amat pedih dan menyesakkan dada.

Niat. Kita akan mendapatkan apa yang diniatkan. Jika karena Allah SWT dan Rasulullah SAW, kita pasti akan mendapatkan balasan terbaik berupa surga dan ridha-Nya yang sangat agung.

Sebaliknya, jika bukan karena keduanya, kita hanya akan mendapatkan sesuai apa yang diniatkan. Jika jihad karena wanita, kita akan diberi wanita, tapi tiada bagian bagi kita di akhirat kelak. Andai berjihad hanya karena ingin disebut sebagai orang yang kuat dan pemberani, julukan itulah yang akan kita dapatkan, dan tak ada balasan di akhirat, melainkan siksa di neraka lantaran beramal bukan karena Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Niat adanya di awal, pertengahan, dan setelah beramal. Karenanya, niat menjadi soalan yang kompleks. Tak semudah dalam mengucapkan atau menuliskannya.

Niat juga urusan hati. Hanya antara pelaku dengan Allah SWT. Tidak ada yang bisa mengetahui. Bahkan, orang yang tidak ikhlas bisa berpura-pura ikhlas dengan melatih ekspresi tubuh. Sulit, tapi bisa dilatih seiring kebiasaan dan berjalannya waktu.

Niat juga dekat dengan riya atau syirik. Jika urung beramal karena manusia, maka dia disebut riya dan syirik jika beramal karena manusia. Yang demikian ini sebagaimana dijelaskan oleh sang ‘alim Fudhail bin ‘Iyadh Rahimahullah.

Sebagi pelajaran, jangan jadikan riwayat ini sebagai alasan untuk tidak beramal. Sebab keikhlasan akan hadir seiring bertambahnya ilmu dan kuantitas serta kualitas dalam beramal. Semakin banyak, insya Allah semakin baik jika kita senantiasa belajar.

Mudah-mudahan Allah SWT memberikan karunia keikhlasan kepada kita. Amin.
Name

Islami Kesehatan Kisah Korea Kuliner Lifestyle Misteri Pengetahuan Peristiwa Selebriti Teknologi Unik Wisata
false
ltr
item
Unik Menggelitik: Mujahid yang Pertama Masuk Neraka
Mujahid yang Pertama Masuk Neraka
Mujahid yang Pertama Masuk Neraka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGyJr6tpK2lG8ERWDIOcr9IkVHLVukLMNLu8Q4gC5K68E3R4uwk54QfuDrVagZ5WLZS1gyWPhNwim8TAtkolWKbpewmWmK3Ksf-8IUntEUfN60UdanbZrrdEMX9d8OHh_nu7LcWkJkC5Q/s400/Mujahid+yang+Pertama+Masuk+Neraka.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGyJr6tpK2lG8ERWDIOcr9IkVHLVukLMNLu8Q4gC5K68E3R4uwk54QfuDrVagZ5WLZS1gyWPhNwim8TAtkolWKbpewmWmK3Ksf-8IUntEUfN60UdanbZrrdEMX9d8OHh_nu7LcWkJkC5Q/s72-c/Mujahid+yang+Pertama+Masuk+Neraka.png
Unik Menggelitik
http://unikgeli.blogspot.com/2016/01/mujahid-yang-pertama-masuk-neraka.html
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/2016/01/mujahid-yang-pertama-masuk-neraka.html
true
97024095622371214
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago