Archive Pages Design$type=blogging

Awas, Jantung Berdebar Pertanda Penyakit Berbahaya

jantung berdebar, jantung, sakit jantung, deg-degan, jantung koroner, anemia

jantung berdebar tanda penyakit berbahaya
Jantung manusia berdetak setiap saat, namun ada kalanya jantung kita berdetak tidak seperti biasanya. Ada kalanya jantung manusia berdegup kencang pada saat-saat tertentu misalnya saat gugup dan saat setelah berolah raga. Malah terkadang tanpa ada sebab dan musabab jantung kita berdetak dengan kencangnya seolah mau copot seperti pada saat jatuh cinta. Karena jantung yang berdetak kencang tentunya ada perasaan khawatir di dalam diri kita jika jantung yang berdebar itu berbeda dari biasanya. Apa penyebab jantung berdebar itu? Inilah ulasannya mengenai jantung berdebar.
Berdebar merupakan tanda kelainan jantung
Memang berdebar merupakan salah satu tanda dari penyakit kelainan jantung. Akan tetapi, tidak semua debaran itu disebabkan karena adanya kelainan jantung. Jantung berdebar itu dapat disebabkan oleh sebuah kondisi psikis atau akibat lifestyle. Istilah medisnya jantung berdebar dikenal dengan nama “palpitasi”.
Serangan Panik 
Serangan panik, jika anda merasa jantung anda berdebar dengan tiba-tiba terutama dalam menghadapi suatu situasi, maka mungkin itu adalah serangan panic. Hal ini dapat disertai dengan gemetar dan keringat dingin atau bahkan suasana menjadi lebih mencekam. Selain itu, pada serangan panic irama jantung kita juga akan menjadi tidak beraturan. Jika serangan panik ini berulang maka segera konsultasikan ke psikiater dan akan diatasi dengan terapi perilaku dan pengobatan anti cemas.
Penyebab Jantung Berdebar 
Selain hal diatas, ada pula penyebab lain jantung berdebar yaitu :
  • Mengkonsumsi kafein
Coba anda perhatikan jika anda mengkonsumsi minuman yang berkafein tinggi maka jantung anda akan berdebar dengan sendirinya. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan kafein. Kandungan kafein dapat menstimulasi sistem saraf otonom yang merupakan sistem saraf involunter yang mana akan mengontrol detak jantung kita sehingga terasa lebih cepat.Coba anda perhatikan sebelum dan sesudah Anda mengkonsumsi minuman berkafein, bila sebelumnya jantung anda berdetak normal dan tiba-tiba anda deg degan maka bisa jadi itu karena kandungan kafein yang anda konsumsi. Akan tetapi bila debaran jantung yang Anda alami makin parah dan juga pusing atau nyeri didada maka segeralah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.
  • Dehidrasi 
Pada saat tubuh mengalami kehilangan banyak cairan atau kurang minum maka kita akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi berat bahkan dapat menyebabkan bibir kering, sariawan, urin pekat dan berwarna gelap, keram otot dan bahkan deg-degan (jantung berdebar). Deg-degan karena dehidrasi disebabkan oleh adanya perubahan elektrolit tubuh dan juga adanya penurunan tekanan darah. Hal tersebut yang menimbulkan stress pada tubuh kita yang hasilnya akan menimbulkan detak jantung yang tidak normal pada tubuh. Untuk mencegahya selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh minimal 2 L/hari agar tubuh dapat berfungsi dengan normal.
  • Obat-obatan 
Selain dekongestan terdapat pula beberapa jenis obat-obatan lain yang dapat menimbulkan debaran di jantung anda seperti obat asma dan obat tiroid. Sebelum Anda mengkonsumsi suatu obat pastikan Anda bertanya kepada dokter mengenai efek samping dari obat tersebut, sehingga anda tidak akan kaget saat mengalaminya. Bila keluhan deg-degan setelah mengonsumsi suatu obat berlangsung secara terus-menerus dan sangat mengganggu, komunikasikan kondisi anda tersebut dengan dokter yang menangani penyakit anda.
  • Anemia
Bila anda mendereita anemia berarti tubuh anda tidak dapat menghasilkan atau membuat sel darah merah yang sehat untuk membawa nutrisi dan oksigen ke jaringan tubuh kita. Meskipun tidak selalu mengeluhkan jantung yang berdebar, hanya saja di beberapa kasus penderita anemia teritama yang kronis, selalu mengeluhkan akan detakan jantung yang berdebar-debar lebih kencang. Hal ini dikarenakan sel darah merah yang dihasilkan tubuh kita sedikit maka jantung berdetak cepat sebagai usaha untuk meningkatkanhantaran oksigen ke jaringan tubuh.
Name

Islami Kesehatan Kisah Korea Kuliner Lifestyle Misteri Pengetahuan Peristiwa Selebriti Teknologi Unik Wisata
false
ltr
item
Unik Menggelitik: Awas, Jantung Berdebar Pertanda Penyakit Berbahaya
Awas, Jantung Berdebar Pertanda Penyakit Berbahaya
jantung berdebar, jantung, sakit jantung, deg-degan, jantung koroner, anemia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGtZEYbYDmonAanfiG5Eb3Fs4Zyjh1fwnAxegQQ56w7nBb8hm21ltWSOsY51dCxNUcrJvYdirzDKINTnPHqKStwCNWpN5uXLQzMXv_9J8q4FR0KR6AhEzbqA8prOemfIO7_5NeiukBng/s320/jantung-berdebar.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGtZEYbYDmonAanfiG5Eb3Fs4Zyjh1fwnAxegQQ56w7nBb8hm21ltWSOsY51dCxNUcrJvYdirzDKINTnPHqKStwCNWpN5uXLQzMXv_9J8q4FR0KR6AhEzbqA8prOemfIO7_5NeiukBng/s72-c/jantung-berdebar.jpg
Unik Menggelitik
https://unikgeli.blogspot.com/2015/12/awas-jantung-berdebar-pertanda-penyakit.html
https://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/2015/12/awas-jantung-berdebar-pertanda-penyakit.html
true
97024095622371214
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago