Archive Pages Design$type=blogging

Benarkah Amalan itu Syariat Iman?

Benarkan Amalan itu Syariat Iman?

Sebagaimana pengertian iman, iman itu mencakup i’tiqad (keyakinan), ucapan dan amalan. Amalan masuk dalam pengertian iman. Ada sebagian pemahaman yang mengeluarkan amalan dari definisi iman. Ini yang dipahami oleh kalangan Murji’ah yang menyelisihi pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin pernah menerangkan hal ini ketika menjelaskan kitab Aqidah Safariniyyah. Beliau rahimahullah berkata sebagai berikut.

Perlu dipahami bahwa ada amalan yang merupakan syarat iman dan ada yang bukan syarat iman.

Syahadat laa ilaha illallah wa anna muhammadar rasulullah adalah syarat adanya iman. Siapa yang tidak mengucapkan syahadat tersebut, maka ia kafir walau dia beriman pada Allah (dalam hatinya).

Siapa yang tidak shalat dan shalat merupakan amalan, maka ia kafir walau ia mengucapkan syahadat.

Adapun bila seseorang itu beriman pada Allah dan bersyahadat, namun ia tidak menunaikan zakat, ia tidaklah kafir.
Ringkasnya, jika keimanan seseorang dalam hati itu hilang, maka ia kafir. Jika keimanan dalam hati itu ada namun berbeda dengan ucapan dan perbuatan (artinya: ada amalan yang ditinggalkan), maka perlu ada rincian. Jika ada dalil yang menunjukkan meninggalkan suatu amalan itu kafir, maka dihukumi kafir.

Siapa yang beriman pada Allah sedangkan ia enggan mengucapkan dua kalimat syahadat, maka ia telah meninggalkan ucapan, ia kafir disebabkan hal itu.

Siapa yang mengucapkan bahwa ia beriman pada Allah dan ia bersaksi dua kalimat syahadat akan tetapi ia tidak shalat, maka ia kafir menurut pendapat paling kuat di antara pendapat para ulama.

Siapa yang bersyahadat dan beriman pada Allah, ia pun shalat, namun enggan menunaikan zakat, maka ia tidak kafir. Namun menurut kalangan Khawarij, orang seperti itu kafir. Sedangkan menurut Mu’tazilah orang seperti itu berada dalam dua keadaan antara iman dan kafir kecuali kalau menganggap enggan bayar zakat itu kafir. (Syarh Al-‘Aqidah As-Safariniyyah, hlm. 402-403)

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa amalan merupakan bagian dari iman. Namun ada amalan yang merupakan syarat adanya iman, ada yang tidak. unik menggelitik
Name

Islami Kesehatan Kisah Korea Kuliner Lifestyle Misteri Pengetahuan Peristiwa Selebriti Teknologi Unik Wisata
false
ltr
item
Unik Menggelitik: Benarkah Amalan itu Syariat Iman?
Benarkah Amalan itu Syariat Iman?
Benarkan Amalan itu Syariat Iman?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPOYis4eLz5f-2wFw8LcQNDQU-eB7xjIagv-Bssq5y5V8eZr7Q3k41kzrSyYUAaiUgia8yg43Tap5yRdsBDhtPyHPGR4wxEKTTRwHGHZnCUsf7WX3380wrVosmKFlZmBDgB62ALlxm8j8/s640/Benarkan+Amalan+itu+Syariat+Iman.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPOYis4eLz5f-2wFw8LcQNDQU-eB7xjIagv-Bssq5y5V8eZr7Q3k41kzrSyYUAaiUgia8yg43Tap5yRdsBDhtPyHPGR4wxEKTTRwHGHZnCUsf7WX3380wrVosmKFlZmBDgB62ALlxm8j8/s72-c/Benarkan+Amalan+itu+Syariat+Iman.jpg
Unik Menggelitik
https://unikgeli.blogspot.com/2016/07/benarkan-amalan-itu-syariat-iman.html
https://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/2016/07/benarkan-amalan-itu-syariat-iman.html
true
97024095622371214
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago